Lompat ke isi

Miss Mega Bintang Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miss Mega Bintang Indonesia
Berkas:Logo Miss Mega Bintang Indonesia.png
Logo Resmi Miss Mega Bintang Indonesia
Jenis
  • Kontes kecantikan wanita
Pemegang waralabaYayasan Dunia Mega Bintang
Markas besarJakarta, Indonesia
Negara diwakiliIndonesia
Kualifikasi untukMiss Grand International
Miss Aura International
Miss Eco International
Miss Elite
Miss Planet International
World Top Model
Edisi pertama2020
Miss Grand Indonesia
(Dibawah naungan Yayasan Dunia Mega Bintang)
(2020-2022)
Edisi terkini2024
Berganti nama menjadi Miss Mega Bintang Indonesia
(2023-sekarang)
Pemegang gelar terkiniNova Liana
Sumatera Selatan
Gelar lain dalam kontes
Runner-Up Miss Mega Bintang Indonesia
Pendiri
Ivan Gunawan[1][2]
Penasihat
Dardo Andrio Siregar[3]
Meidy Kristy Pesik
Slogan/Motto
It's Time To Shine
(Saatnya Untuk Bersinar)
Bahasa
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris

Miss Mega Bintang Indonesia adalah salah satu kontes kecantikan wanita berskala nasional sebagai wadah bagi perempuan Indonesia untuk menunjukkan potensinya berkarya di bidang kecantikan, fashion, entertainment serta dapat mewakili Indonesia di kancah kontes Internasional[4][5]. Pemenang pada ajang Miss Mega Bintang Indonesia akan mewakili Indonesia di salah satu ajang terbesar di dunia dari tiga ajang grand slam lainnya yaitu Miss Grand International.

Pemegang gelar terkini adalah Nova Liana dari Sumatera Selatan yang dinobatkan sebagai Miss Mega Bintang Indonesia 2024 pada tanggal 20 Mei 2024 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia. Ia berhak mewakili Indonesia di edisi ke-12 dari ajang kontes kecantikan Miss Grand International yang akan digelar di Myanmar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum Miss Mega Bintang Indonesia[sunting | sunting sumber]

Miss Mega Bintang Indonesia merupakan salah satu ajang kontes kecantikan wanita di Indonesia di bawah naungan Yayasan Dunia Mega Bintang yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 2020 dengan nama Miss Grand Indonesia dengan Ivan Gunawan sebagai nasional direktur[6][7][8].

Pada tahun 2020 penyelenggaraan Miss Grand Indonesia dilakukan secara tertutup karena adanya Pandemi COVID-19, kontes ini diselenggarakan hanya dengan 5 finalis[9] yang sebelumnya melalui tahap audisi, dengan format reality show dan ditayangkan melalui Channel YouTube MOP Channel, pemenang pada edisi ini sekaligus menjadi perempuan pertama dari Yayasan Dunia Mega Bintang yaitu Aurra Kharisma[10][11]dari Majalengka, Jawa Barat.

Runner-up, Bella Aprilia[12]dari Jawa Timur ditunjuk sebagai Miss Intercontinental Indonesia 2020 dan diumumkan sebagai perwakilan Indonesia pada kontes Miss Intercontinental 2021[13] dimana lisensi dimiliki oleh The Beauty Organization yang bekerjasama dengan YDMB, pada tahun 2022 YDMB sudah tidak memegang hak waralaba nasional Miss Intercontinental. Selain itu, 5 Besar, Nadia Ingrida Tjuatja[14][15][16]ditunjuk langsung oleh Ivan Gunawan selaku direktur nasional sebagai Miss Face of Humanity Indonesia 2021 dan mewakili Indonesia pada Miss Face of Humanity 2022 di Toronto, Kanada. Pada tahun 2024 YDMB juga sudah melepaskan hak waralaba nasional Miss Face Of Humanity.

Tahun 2021 dan 2022 acara kontes kecantikan Miss Grand Indonesia masih diadakan secara tertutup dikarenakan Pandemi Covid-19 di Indonesia yang belum usai, maka wakil Indonesia dipilih langsung oleh Ivan Gunawan secara handpick, perwakilan Indonesia tahun 2021 adalah Sophia Rogan[17][18][19] perempuan asal Bali yang akan berkompetisi di ajang Miss Grand International tahun 2021[20] dan Andina Julie[21][22][23] perempuan asal Sumatera Selatan yang akan berkompetisi di ajang Miss Grand International tahun 2022[24][25].

Setelah Miss Mega Bintang Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di tahun 2023, Ivan Gunawan mengganti nama ajangnya yang semula Miss Grand Indonesia menjadi Miss Mega Bintang Indonesia, ini merupakan kontes kecantikan pertama kalinya yang digelar oleh Ivan Gunawan secara terbuka pada 8 Juni di Ciputra Artpreneur, Jakarta[26][27]. Untuk edisi kali ini tidak hanya pemenang yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional tetapi Ivan Gunawan menambahkan beberapa lisensi/hak cipta warlaba nasional baru untuk para kontestan yang berhasil memasuki babak 10 besar, yaitu Miss Aura International[28][29][30](2023-sekarang), Miss Eco International(2023-sekarang), Reina Hispanoamericana (2023), Reina Internacional del Cacao (2023), World Top Model (2023-sekarang).

Pada edisi ke-2, YDMB resmi mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan hak cipta waralaba nasional baru untuk kontes kecantikan Miss Elite—kontes kecantikan yang berbasis di Mesir, dan Miss Planet International—kontes kecantikan yang berbasis di Kamboja.

Mahkota[sunting | sunting sumber]

GAYATRI[31] (2024-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Miss Mega Bintang Indonesia dengan bangga memperkenalkan mahkota barunya yang dirancang langsung oleh perancang mahkota dari negara Venezuela yaitu George Wittels. Mahkota indah ini bukan hanya sekedar untuk menunjukkan simbol keindahan, tetapi juga merupakan penghormatan terhadap budaya dan warisan Indonesia[32].

Terinspirasi dari burung phoenix, Sawunggaling, yang terkenal dengan representasi keindahan, kuasa, dan kekuatannya, mahkota ini mewujudkan kualitas-kualitas dalam setiap detail yang rumit. Nama Gayatri diambil dari salah satu istri Raden Wijaya, raja pertama Majapahit, yang melambangkan kekuatan, ketangguhan, dan keterkaitan yang mendalam dengan sejarah Indonesia. Perpaduan antara makna sejarah dan desain modern menjadikan mahkota ini sebagai perwujudan sejati etos Miss Mega Bintang Indonesia. Pembukaan mahkota yang menakjubkan ini menandai babak baru dalam warisan Miss Mega Bintang Indonesia, yang tidak hanya melihatkan keindahan tetapi juga kekayaan budaya Indonesia[33][34][35].

GOLDEN WISDOM[36][37][38] (2022-2023)[sunting | sunting sumber]

Mahkota Golden Wisdom yang dipersembahkan oleh YT Gold untuk Miss Grand Indonesia 2022 terbuat dari emas kuning yang selama ribuan tahun telah menjadi lambang kejayaan dan kemakmuran. Mahkota ini dihiasi hiasan tengah berbentuk sayap "The Angels Wings" sebagai simbol keberanian untuk terbang tinggi menggapai impian[39][40][41].

Mahkota Golden Wisdom dihiasi dengan lebih dari 7.000 batu zirkonia kubik dalam tiga bentuk, masing-masing melambangkan kemuliaan yang layaknya dimiliki oleh seorang ratu.

Bentuk bulat melambangkan kecanggihan, bentuk marquise melambangkan kekuatan, dan bentuk pear yang melambangkan ketulusan. Selain batu zirkonia kubik berwarna putih, pada mahkotanya juga dihiasi dengan batu zirkonia kubik berwarna hijau, termasuk batu utama pada ornamen "The Angel Wings", yang terinspirasi dari keindahan dan keajaiban alam Indonesia yang terkenal sebagai Zamrud Khatulistiwa.

Mahkota Golden Wisdom juga menjadi semakin indah dengan teknologi Dancing Stone asal Jepang yang dikembangkan dan telah dipatenkan oleh perusahaan berskala global Crossfor Co.Ltd. Teknologi ini memungkinkan batu zirkonia kubik yang dipasang dapat bergoyang dengan sendirinya secara terus-menerus sehingga menghasilkan kilau seperti cahaya yang menari.

Mahkota ini merupakan mahkota pertama di dunia yang menggunakan teknologi Dancing Stone dengan batu multi bentuk – round, marquise, dan pear. Serta telah mendapatkan apresiasi langsung dari Mr. Hidetaka Dobashi selaku CEO dari Crossfor Co.Ltd sebagai pencipta teknologi Dancing Stone yang lisensi eksklusifnya untuk wilayah Indonesia dipegang oleh YT Gold.

WORLD OF VICTORY (2020-2021)[sunting | sunting sumber]

Untuk edisi perdana dibawah organisasi Yayasan Dunia Mega Bintang, Ivan Gunawan mendesain sendiri mahkota yang akan digunakan oleh pemenang dan akan diturunkan di edisi penyelenggaraan sebelumnya. Mahkota yang bernana "World of Victory" terinspirasi dari cahaya bintang yang bersinar terang di gelapnya langit malam dan melambangkan sebuah keteguhan dan tekad untuk berjuang mewujudkan harapan untuk menang bagi Indonesia.

Terbuat dari logam mulia berlapis emas putih dan rose gold, serta dihiasi 7.000 batu cubic zirconia berbentuk bundar dan pir. Sebanyak 154 di antaranya dipasang dengan mekanisme Dancing Stone. Mahkota ini juga tercatat mencetak sejarah, karena menggunakan Dancing Stone terbanyak di dunia, yang diberikan langsung oleh Crossfor Co Ltd., pemegang lisensi resmi Dancing Stone.

Dancing Stone merupakan teknik pemasangan batu mulia asal Jepang yang dikenal dengan kerumitan namun hasilnya mengagumkan. Teknologi Dancing Stone memungkinkan batu yang terpasang dapat bergerak sendiri, menghasilkan kilau cahaya, yang tampak seperti menari.

Pengerjaan mahkota Miss Grand Indonesia 2020 membutuhkan waktu selama dua bulan karena prosesnya yang rumit dan perlu ketelitian maksimal dengan nominal harga 3,5 milyar. Meskipun teknologi pemasangan Dancing Stone berasal dari Jepang, namun penggarapannya dilakukan oleh produsen emas lokal YT Utama Putra.[42]

Edisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Pemenang Runner-Up Penunjukkan Pembawa Acara Juri Karantina Malam Final Jumlah peserta
2024 Sumatera Selatan Sumatera Selatan 1Nova Liana Daerah Khusus Ibukota Jakarta DKI Jakarta 7Olivia Stevanie
Kepulauan Riau Kepulauan Riau 1Tawana Sheldrick
Jawa Barat Jawa Barat 1Yulinar Fitriani
Daerah Khusus Ibukota Jakarta DKI Jakarta 2Olla Levina
Daerah Istimewa Yogyakarta DI Yogyakarta 2Anindya Gupita
N/A Fio Alfarruq Ajeng Kamaratih Ivan Gunawan  DI Yogyakarta  DKI Jakarta Istora Gelora Bung Karno, Jakarta 49
2023 Sumatera Selatan PalembangRitassya Wellgreat Sulawesi Utara ManadoChesy Mose
Sumatera Selatan PalembangSahida Sheik
Sulawesi Utara ManadoVanessa Hatter
Daerah Khusus Ibukota Jakarta JakartaValerie Avril
Daerah Khusus Ibukota Jakarta JakartaAyu Michelle
Daerah Khusus Ibukota Jakarta JakartaVania Agustina
Rian Ibram N/A Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta 20

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jadi Direktur Miss Grand Indonesia, Ivan Gunawan Buka Audisi Tahun 2020". suara.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  2. ^ Media, Kompas Cyber (2019-11-22). "Resmi, Ivan Gunawan Jadi Direktur Nasional Miss Grand International untuk Indonesia". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  3. ^ Tohir, Ahmad; Mubarokah, Luluk; DB, Julio Valentino (2023-06-05). "Kampung Wisata Purbayan: Yogyakarta Mini Tanpa Harus Keliling Kota". Jurnal Abdidas. 4 (3): 221–227. doi:10.31004/abdidas.v4i3.794. ISSN 2721-9216. 
  4. ^ Lampung, TIM IT Diskominfotik Provinsi. "Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Harapkan Finalis Miss Mega Bintang Memberikan Hasil Terbaik Untuk Provinsi Lampung - Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Harapkan Finalis Miss Mega Bintang Memberikan Hasil Terbaik Untuk Provinsi Lampung". DISKOMINFOTIK PROVINSI LAMPUNG (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-31. 
  5. ^ Hestianingsih, Hestianingsih. "Ivan Gunawan Gelar Miss Mega Bintang Indonesia 2023, Ini Pemenangnya". wolipop. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  6. ^ "Jadi Direktur Miss Grand Indonesia, Ivan Gunawan Buka Audisi Tahun 2020". suara.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  7. ^ Cek&Ricek (2019-11-23). "Ivan Gunawan, National Director Miss Grand International untuk Indonesia". Cek&Ricek. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  8. ^ Anggraini, Pingkan. "Ivan Gunawan Bikin yang Beda, Terinspirasi dari Miss Grand Indonesia". detikhot. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  9. ^ Times, I. D. N.; Putra, Adi. "Hanya Ada 5 Kontestan, Ini 10 Potret Finalis Miss Grand Indonesia 2020". IDN Times (dalam bahasa In). Diakses tanggal 2024-05-31. 
  10. ^ Diterbitkan, Diperbarui:. "Aurra Kharishma Dinobatkan Sebagai Juara Miss Grand Indonesia 2020, Dihadiahi Mahkota Bertabur Emas Berlian". KapanLagi.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  11. ^ Hestianingsih. "Kharisma Aura Asal Majalengka Juara Miss Grand Indonesia 2020". wolipop. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  12. ^ "Berita dan Informasi Miss intercontinental 2021 Terkini dan Terbaru Hari ini". detikcom. Diakses tanggal 2024-06-01. 
  13. ^ Wolipop, Tim. "Pecah Telor, Indonesia Akhirnya Masuk 20 Besar Miss Intercontinental". wolipop. Diakses tanggal 2024-06-01. 
  14. ^ "Potret Nadia Tjoa, Anak Didik Ivan Gunawan yang Jadi Miss Face of Humanity 2022". kumparan. Diakses tanggal 2024-06-01. 
  15. ^ Fimela.com (2022-04-04). "10 Pesona Nadia Tjoa, Wakil Indonesia Raih Mahkota Miss Face of Humanity 2022". fimela.com. Diakses tanggal 2024-06-01. 
  16. ^ redaksi (2022-04-05). "Nadia Tjoa Miss Of Humanity 2022, Cantiknya Beda". Majalah GPriority (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-01. 
  17. ^ Diterbitkan, Diperbarui:. "Keluar Sebagai Juara Miss Grand Indonesia 2021, Sophia Rogan Bawa Pulang Mahkota 'World of Victory'". KapanLagi.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  18. ^ Kartikawati, Eny. "Sophia Rogan Dipilih Ivan Gunawan Jadi Pemenang Miss Grand Indonesia 2021". wolipop. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  19. ^ Kartikawati, Eny. "7 Fakta Sophia Rogan, Pemenang Miss Grand Indonesia 2021 Blasteran Inggris". wolipop. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  20. ^ Suhendra, Ichsan (2021-05-21). "Sophia Rogan Terpilih Sebagai Miss Grand Indonesia 2021". www.viva.co.id. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  21. ^ Diterbitkan, Diperbarui:. "Andina Julie, Miss Grand Indonesia 2022 Kenakan Mahkota Dengan Teknologi Mutakhir Dancing Stone". KapanLagi.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  22. ^ "Miss Grand Indonesia 2022 Andina Julie Siap Wakili Indonesia di Ajang Internasional". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  23. ^ "Profil Andina Julie, Finalis Miss Grand International Asal Indonesia". www.tvonenews.com. 2022-10-06. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  24. ^ "Wakili Indonesia di Ajang Miss Grand International 2022, Intip Kostum Andina Julie". merdeka.com. 2022-10-25. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  25. ^ Liputan6.com (2022-10-26). "Wakil Indonesia di Miss Grand Internasional Juara 3, Ini Potret Anggun Andina Julie". liputan6.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  26. ^ Hestianingsih, Hestianingsih. "Ivan Gunawan Gelar Miss Mega Bintang Indonesia 2023, Ini Pemenangnya". wolipop. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  27. ^ "Miss Mega Bintang Indonesia 2023 Besutan Ivan Gunawan Sukses Digelar, Make Up Para Finalis Memukau Para Juri". suara.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  28. ^ Diterbitkan:. "Membanggakan! Perwakilan Indonesia Sahida Sheik Keluar Sebagai Runner Up Pertama Miss Aura International 2023". KapanLagi.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  29. ^ Fimela.com (2023-10-02). "Runner Up Miss Mega Bintang Indonesia Sahida Sheikh Berhasil Menjadi 1st Runner Up Miss Aura International 2023". fimela.com. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  30. ^ Oktaviani, Kiki. "7 Foto Sahida Sheik, Wakil RI Jadi Runner Up Miss Aura International 2023". wolipop. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  31. ^ "Mahkota Miss Mega Bintang Indonesia 2024 Bertema Gayatri". www.idntimes.com (dalam bahasa In). 2024-04-16. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  32. ^ "Gelar Miss Mega Bintang Indonesia 2024, Ivan Gunawan Perkenalkan Mahkota Baru". kumparan. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  33. ^ "Instagram". www.instagram.com. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  34. ^ "Instagram". www.instagram.com. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  35. ^ "Instagram". www.instagram.com. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  36. ^ Liputan6.com (2022-04-07). "Andina Julie Kenakan Mahkota Golden Wisdom Rancangan Ivan Gunawan Setelah Terpilih sebagai Miss Grand Indonesia 2022". liputan6.com. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  37. ^ "Instagram". www.instagram.com. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  38. ^ Hestianingsih. "Mahkota Miss Grand Indonesia 2020 Cetak Sejarah, Dihiasi 154 Dancing Stone". wolipop. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  39. ^ Anggraini, Pingkan. "Ivan Gunawan Beri Mahkota Golden Wisdom Untuk Miss Grand Indonesia". detikhot. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  40. ^ Suhendra, Ichsan (2022-04-08). "Intip Mewahnya Mahkota Miss Grand Indonesia 2022". www.viva.co.id. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  41. ^ "3 Fakta Unik Mahkota Terbaru Miss Grand Indonesia 2022". www.idntimes.com (dalam bahasa In). 2022-04-05. Diakses tanggal 2024-06-04. 
  42. ^ Hestianingsih (22 Juni 2020). "Mahkota Miss Grand Indonesia 2020 Cetak Sejarah, Dihiasi 154 Dancing Stone". detikcom. Diakses tanggal 22 Juni 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]